banner 728x250

Al Haris : Paramakarya untuk Usahawan Jambi

Gubernur Jambi dapat penghargaan Paramakarya dari Menteri Ketenagakerjaan R. I,
Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah di Ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusatl, Kamis, 18/11/2021 pukul 10.00 WIB

Paramakarya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada usahawan yang sukses serta konsisten sehingga mereka mampu meningkatkan produksinya dan kepala daerah yang dinilai telah memberikan dukungan dan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitasnya.

banner 400x130

Saat diwawancara awak media Gubernur Jambi yg akrab disapa Al Haris, didampingi Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan.

Menanggapi penghargaan yang diterimanya, Gubernur Jambi menyebut penghargaan ini sebagai motivasi untuk lebih lagi melakukan pembinaan kepada UKM dan perusahaan di Provinsi Jambi, dalam peningkatkan produktivitas dan pengelolaan ketenagakerjaan yang baik.

” Ini penghargaan khusus kepada para usahawan yang sukses serta konsisten sehingga mereka mampu meningkatkan produksinya. Maka pemerintah mengapresiasi itu semua, dan kami (Gubernur) juga diberi penghargaan itu karena dinilai berhasil membina mereka.” ujar Gubernur Jambi yang akrab disapa Al Haris.

Al Haris berharap para pengusaha ini terus saja mereka tidak pernah berhenti untuk membangun usahanya dengan konsisten sehingga ada peningkatan dimasa mendatang.

” Kita berharap, pasca pandemi ini mereka terus bergerak dan mencari sumber-sumber baru untuk dikembangkan, dan kita Pemerintah juga harus terus membina mereka, dengan terukur dan terarah”, lanjjut Al Haris
Adapun bentuk pembinaan yang dilakukan pemerintah Provinsi Jambi antara lain memberikan modal usaha UMKM (usaha kreatif eMak-eMak, dan Usaha Kreatif Milenial,

 

“Kiita coba melatih dan memberikan modal usaha untuk yang saya sebut UKMM atau Usaha Kreatif emak-emak dan UKM atau Usaha kreatif Milenial, Upaya ini paling tidak bisa untuk start Up mereka, entah mereka menjual kopi, atau apalah, agar mereka punya nyali untuk berusaha, walaupun mereka sambil kuliah, minimal kita bisa mempersiapkan mereka untuk bisa menjadi enterpreneur lah. Bisa berkerja, dan malah mereka bisa membuka pekerjaan untuk orang lain.

Kedepan kita punya program yang kita beri nama Life Skill, ini program kita untuk anak-anak santri, misinya sama, yakni mempersiapkan mereka agar kelak setelah kembali ke masyarakat, anak-anak kita ini bisa mandiri. “pungkas Al Haris.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya berpesan agar Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Daerah melakukan pembinaan peningkatan produktivitas kerja kepada UKM dan perusahaan secara berkelanjutan, dimana penigkatan produktivitas UKM dan perusahaan akan berkorelasi terhadap peningkatan kemajuan daerah.

“Prestasi yang saudara raih hari ini patut dibanggakan mengingat persaingan baik ditingkat nasional maupun global yang semakin ketat,” ungkap Wakil Presiden Wapres

Menurut Wapres, keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan atau bahkan meningkatkan produktivitasnya selama pandemi, adalah karena lincah dan adaptif terhadap perubahan. Di samping juga mampu mengelola waktu, sumber daya manusia, dan teknologi dengan baik di tengah diberlakukannya berbagai pembatasan.

Gubernur Jambi memperoleh penghargaan Paramakarya bersama dengan beberapa Gubernur lainnya diantaranya DKI Jakarta, Aceh, Lampung, Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Kalimantan Barat & Kalimantan Timur.
sedangkan perusahaan di Provinsi Jambi yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah CV Cik Mia Songket dan CV Ilham Mumtaza.

Repoerase Den-Asnawi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *