banner 728x250

Badan Penghubung laksanakan Sosialisasi Program Kerja dan Hasil Pembangunan daerah Jambi kepada warga Jambi di Jakarta

SPM PRO NEWS Jakarta

“ Pelaksanaan Perencanaan Program Kerja Pembangunan di Provinsi Jambi, dimulai dengan merumuskan program kerja  melalui jenjang  yang paling bawah (bottom up), dimulai dari Musyawarah desa, dan hasil musyawarah tadi diteruskan ke tingkat kecamatan, menjadi musrembang kecamatan, setelah itu dihimpun semua di Kabupaten, seterusnya dibahas lagi ditingkat provinsi dan disesuaikn juga dengan program pembangunan pemerintah pusat, diselaraskan juga dengan visi misi Gubernur/wakil gubernur. Inilah yang dilaksanakan oleh Bappeda Provinsi Jambi dalam bentuk rencana kerja. Setelah itu masih juga diadakan lagi pembahasan dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat jika masih ada usul serta saran untuk perbaikan rencana kerja yang selanjutkan akan dibahas bersama DPRD Provinsi yang nantinya setelah mendapatkan pengesahan  dijabarkan dalam bentuk program kerja daerah Jambi untuk satu tahun kedepannya yang akan dilaksanakan oleh masing-masing OPD di Provinsi Jambi”

banner 400x130

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Gubernur Provinsi Jambi, diwakili Assisten III Setda Provinsi Jambi   Ir.Tagor Mulia Nasution,MM pada saat membuka Sosialisasi Program Kerja dan Hasil Pembangunan daerah Jambi dengan tema Melalui Sosialisasi Program dan Hasil Pembangunan Daerah Jambi, kita percepat terwujudnya Jambi Tuntas 2016-2021, bertempat di Gedung Soesilo Sudarman Kementarian Pariwisata R.I Jakarta, Sabtu 21 Juli 2018 pukul 13.00 WIB

Dikatakan, bahwa ditahun 2018 ini, sesuai dengan visi misi Gubernur/wakil Gubernur tadi, Pemerintah provinsi Jambi telah menyalurkan  bantuan  alat berat untuk masing-masing kecamatan yang sudah kita mulai, dan mudah-mudahan hingga akhir masa jabatan Gubernur/Wakil Gubernur nanti, bantuan alat berat kepada seluruh kecamatan ini dapat terpenuhi. Selain itu ada pemberian beasiswa sebanyak 15 ribu. Itu artinya dalam setiap tahun ada sebanyak 3 ribu beasiswa yang kita salurkan, dan hingga akhir masa jabatan Gubernur nanti akan terpenuhi sejumlah 15 ribu beasiswa. Untuk hal ini kami pesankan kepada Dinas pendidikan agar benar-benar dapat menyeleksi dengan sebaik-baiknya agar pemberian beasiswa sudah sesuai dengan aturan dan mengena kepada mereka yang memang pantas menerimanya.

Selain itu Ass III menyampaikan tentang proses ujian siswa yang telah menggunakan komputer, demikian juga dalam proses penjaringan siswa baru yang menggunakan zonasi, dimana masih adanya permasalahan-permasalahan, dan ini akan terus di minimalisir agar kedepan permasalahan-permasalahan yang timbul di tahun ini tidak terulang kembali.

Selain itu Tagor Mulia Nasution juga menyinggung pelaksanaan pekerjaan infrastruktur jalan Jambi ke kerinci yang sekarang sudah semakin membaik, dimana kita sudah berhasil memperpendek waktu tempuh dari Jambi ke Kerinci yang sebelumnya 12 jam, sekarang bisa kita tempuh dengan hanya 9 jam.

Namun demikian, diakui Ass III, bahwa banyak hal dalam upaya percepatan pembangunan di Provinsi Jambi  ini memerlukan dukungan dari pemerintah pusat, untuk itu pemperintah Provinsi Jambi senantiasa berharap adanya dukungan baik dari para tokoh-tokoh masyarakat Jambi di Jakarta juga kepada pemuda, pelajar dan mahasiswa Jambi di Jakarta  agar dapat berkontribusi secara positif, untuk terwujudnya percepatan pembangunan di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, secara berturut-turutL

  1. Bappeda Provinsi Jambi, dalam paparannya mempertajam program bantuan alat berat untuk kecamatan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan, selain itu Bappeda juga sudah meluncurkan program E samsat, dimana masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Meski hingga saat ini warga masyarakat Jambi masih lebih suka membayar secara langsung, tapi diyakini pembayaran secara online ini akan sangat memudahkan masyarakat dan kedepannya juga akan lebih diminati masyarakat.
  2. Dinas Pendidikan mempertajam soal pemberian bantuan beasiswa. Kemudian diungkapkan juga bahwa hingga saat ini ada sekitar 26 ribu masyarakat jambi usia 16 /sd 18 tahun belum mengenyam pendidikan menengah (SMA/SMK/Aliyah).
  3. Dinas Pariwisata menyampaiakan perioritas pengembangan Pariwisata di tiga kawasan yakni Kerinci (TNKS-Gunung dan Danau Kerinci), Geopark Merangin dan kawasan Candi Muaro Jambi.
  4. Dinas PUPR menguraikan jabaran penyaluran alat berat ke Kabupaten/kota se provinsi Jambi dan program-program pembangunan fisik ditahun 2018 ini, baik yang dilaksanakn oelh Pemprov, maupun yang dilaksanakan oleh Kementaerian PUPR.

Bertindak selaku moderator dalam kegiatan sosialisasi ini Kasub Bid Pelayanan dan hubungan Antar lembaga Badan Penghubung Daerah Jambi di Jakarta, Drs. Amrulsyah

Reportase : Deny-Asnawi-hasan-cokro

 

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *