banner 728x250

Dorong Komoditas Unggulan Jambi untuk banjiri pasar domestik tanah air.

SPM PRO NEWS Jakarta

Plt Gubernur Jambi, Dr.H.Fachrori Umar,M.Hum Rabu malam tadi hadir diacara Raker  APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) yang mengusung agenda evaluasi pelaksanaan progam kerja sama perdagangan produk unggulan antar daerah ini, bertempat d Ball Room Flores Hotel Borobudur Jakarta.

banner 400x130

Fachrori Umar didampingi Ass.I Setda, Kadis Perindag, dan Kaban Penghubung Pemprov Jambi dalam wawancara menyampaikan perlunya penguatan jalinan kerjasama perdagangan antar provinsi di Indonesia agar dapat saling isi mengisi terhadap potensi komoditas-komoditas unggulan yang dimiliki dan dibutuhkan oleh provinsi lain dan sebaliknya.

“Ini sebenarnya sudah pernah dibahas (Dalam Raker APPSI sebelumnya), sekarang dan besok (Kamis) akan dibahas lebih mendalam lagi. Intinya sebagaimana yang tadi disampaikan oleh Pak Anies (tuan rumah) dan juga Pak Karwo (Ketua APPSI), kita ingin kerjasama perdagangan antar Provinsi berdasarkan potensi-potensi komoditas unggulan tiap-tiap provinsi di Indonesia ini dapat terjalin dengan baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat kita, sekaligus dapat mengurangi impor dari negara lain” ujar Fachrori.

Secara detail, Asisten I Setda Provinsi Jambi A Pani, menjelaskan bahwa Forum Raker APPSI ini adalah forum yang sangat strategis untuk peningkatan kerjasama antar wilayah, dari forum ini akan terjadi saling tukar informasi, tukar komoditi, dan kerjasama perdagangan. Untuk kemajuan daerah dan untuk menggali potensi sumber daya daerah yang dimiliki.

“Dari forum inilah kita mengharapkan komoditas-komoditas unggulan kita, seperti Karet, sawit,kelapa dalam dan masih banyak lagi akan dapat langsung diketahui oleh Provinsi lain yang membutuhkan itu, termasuk pelaku-pelaku bisnis dari antar provinsi. Dan dari forum ini juga kita bisa mengetahui dimana kekurangan kita misalnya industry hilir untuk karet, yang kedepannya bisa juga jadi peluang investasi dari pelaku bisnis di tanah air. Kerjasama perdagangan ini sebenarnya sudah terjadi antara kita dengan Provinsi-provinsi lain, contohnya dengan sumatera Barat, Riau, Sumsel dan lain-lain, baik antar pemerintah maupun badan usaha non pemerintah, namun secara tertulis, kita memang baru memiliki ikatan kerjasama perdagangan dengan Provinsi Jawa Timur, mudah-mudahan, dari forum yang baik ini akan terwujud lagi ikatan kerjasama perdagangan dengan Provinsi-provinsi lainnya yang membutuhkan komoditas-komoditas unggulan dari kita” Pungkas A Pani

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta selaku tuan rumah membuka cakrawala hadirin dengan melihat pesatnya kemajuan perdagangan antar negara-negara uni Eropa yang jika dibandingkan dengan Negara kesatuan republik Indonesia, maka luas wilayah, jumlah negara Uni Eropa (28), sedang Indonesia 34 Provinsi, yang luas masing-masing negara di Eropa hampir sama dengan masing-masing provinsi di Indonesia, Di Eropa ada 21 bahasa, sedang dikita ada bahasa persatuan “Bahasa Indonesia”. Sesuatu yang mungkin dianggap remeh, tapi ini akan sangat memudahkan dalam proses perdagangan antar wilayah. Jika neraca perdagangan antar provinsi di Indonesia ini akan terus membaik, diyakini Anies akan bisa membawa manfaat bagi seluruh masyarakat di Indonesia, dan akan bisa menggungguli neraca perdagangan bangsa-bangsa di eropa.

Hal ini  selanjutnya akan  dapat mengurangi impor dari negara lain secara signifikan, bahkan sangat mungkin bisa menutup keran impor dari negara lain.

Rombongan Pemprov Jambi foto bersama Plt Gubernur Jambi Bpk. Fachrori Umar

Reportase : Deny – Asnawi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *