banner 728x250

Dua Penghargaan diraih Provinsi Jambi di HUT TMII

SPM Pro News Jakarta

Dari beberapa kegiatan HUT Taman Mini Indonesia Indah ke 44 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 20 April 2019, diantaranya ada kegiatan yang bersifat lomba antar daerah dan diikuti oleh seluruh Provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Jambi, yang mengikuti ajang Expo Nusantara dari tanggal 19 s/d 21 April 2019 dan Pawai Budaya Nusantara pada hari Minggu tanggal 21 April 2019.

banner 400x130

Dari dua kegiatan diatas Provinsi Jambi meraiah penghargaan yang cukup prestisius, sebab dari sekian banyak peserta dari seluruh Indonesia, untuk Expo Nusantara, Provinsi Jambi yang diwakili UPTD Museum Siginjai Provinsi Jambi berhasil mendapatkan penilaian terbaik (juara I), sedangkan pada pawai Budaya Nusantara, Provinsi Jambi diwakili Diklat Selaras Pinang Masak Anjungan Jambi TMII, berhasil meraih penilaian terbaik kategori Tata Rias dan Busana terbaik.

Kepala UPTD Museum Siginjai  Provinsi  Jambi ibu Leni Nurleni saat diwawancara spmpronews.com menyampaikan bahwa, sesuai dengan tema yang diberikan, Museum siginjai sudah berupaya semaksimal mungkin guna meraih prestasi terbaik demi mengharumkan nama Provinsi  Jambi di kancah nasional.

Walau jadi pimpinan rombongan pameran, Bu Leni tetap eksis memperkenalkan Kuluk dan Lacak kepada pengunjung pameran

“Di Expo Nusantara ini kita tampil dengan 2 tema, pertama Museum Siginjai dengan tema Anyaman, sedangkan disebelah Museum Perjuangan Negeri  Jambi dengan tema “Karet”, ujar Leni Nurleni. Khusus untuk anyaman, kita coba angkat anyaman warisan dari nenek moyang kita dari seluruh kabupaten kota di Provinsi Jambi, antara lain ada anyaman tradisional Kerinci, dan ada Anyaman dari Kabupaten Merangin yaitu dari Jangkat, kemudian dari Kabupaten Muaro Bungo dan dari kabupaten Muaro Jambi, yang semua ini merupakan binaan dari Ibu Hajjah Fachrori umar”, lanjut Leni.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Jambi di Jakarta Refli,SH yang turun langsung memberikan support kepada  peserta Pawai Budaya Nusantara dari Diklat Selaras Pinang Masak Anjungan Jambi, menyampaikan rasa syukur atas raihan prestasi yang diraih Provinsi Jambi pada HUT TMII ke 44 tahun 2019 ini.

“Syukur Alhamdulillah, di HUT TMII ke 44 tahun ini, kita dapat 2 prestasi yang membanggakan, yakni dari Pameran dan Pawai Budaya Nusantara, saya lihat sendiri, dari Provinsi lain juga tampil sangat bagus. Untuk semua rekan-rekan yang sudah berkerja keras guna mengharumkan nama Provinsi Jambi,  pimpinan unitnya, disigner, koreografer dan pelatih, dan semua staf saya ucapkan terimakasih dan terus bersemangat, mudah-mudahan kedepannya prestasi ini bisa terus kita pertahankan dan terus kita tingkatkan”, ujar Refli.

Reportase : Deny, foto Salihin-Widhi-Asnawi,  Kameramen Beng-beng

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *