banner 728x250

Dubes Seychelles Ajak Jambi Promosi Bersama

Dubes Seycheles untuk R I , Nico Barito

Spmnews.id Jakarta

Bertempat di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Sabtu 19 Agustus 2023 menjadi momen indah bagi Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Batang Hari, dimana acara Bulan Promosi Kabupaten Batang Hari yang berlangsung mulai pukul 09.00 pagi dan masih dalam suasana peringatan kemerdekaan dihadiri sejumlah Duta Besar negara sahabat.

banner 400x130

Salah satu Duta Besar  (Dubes Seychelles)  Nico Barito bahkan secara terbuka menyampaikan semacam ajakan, tantangan secara khusus kepada Kabupaten Batang Hari dan Provinsi Jambi untuk promosi bersama, mengingat negaranya Seychelles terbilang sangat sukses dalam pengelolalaan pariwisata.

“Saya tadi sampaikan kepada para kolega (Duta Besar) bahwa kerjasama budaya dan pariwisata ini penting. Tadi MC menyampaikan bahwa negara kami adalah salah satu negara yang sukses disektor pariwisata, kita maju dengan income/kapita U$ 30.000,-. Soal keindahan, soal ragam budaya, Indonesia tentu bukan tandingan negara kami, Indonesia memiliki  jutaan pesona alam dan budaya”, ujar Nico Barito.

Nico Barito satu meja dengan Wagub Jambi

“Pak Wagub, mohon sampaikan kepada Bapak Gubernur (Al Haris), beliau adalah teman baik saya, tadi saya WhatsApp beliau, saya kirim foto Bapak (wagub) sedang pidato, dan tadi saya  sudah janji dengan beliau, awal September nanti saya akan ke Jambi,” lanjut Nico Barito.

Panjang lebar Nico Barito menyampaikan upaya–upaya yang akan ditempuh dalam rangka promosi bersama, antara lain dengan membawa tim kesenian daerah mengisi pentas seni dinegaranya sekaligus memperkenalkan potensi ekonomi unggulan yang bisa ditawarkan kepada para investor. Sebagai perbandingan, jika suatu event dilaksanakan di daerah, boleh dicatat ada berapa orang tamu-tamu potensial yang hadir untuk bisa berkontribusi di daerah, tetapi jika dilaksanakan pada event-event berskala Internasional yang sudah berjalan, maka otomatis publikasinya juga internasional, mendapatkan iklan secara gratis, mendapatkan promosi secara gratis.

Menutup pembicaraan, Nico Barito menyampaikan undangan untuk hadir pada event-event pariwisata di negaranya dan Nico menjamin pembiayaan selama berada di negaranya.

“Atas nama pemerintah Seychelles, saya mengundang (Kabupaten Batang Hari – Jambi) untuk hadir ke negara kami, selama di Seychelles saya akan urus semua biayanya”, ujar Nico.

Momen Wagub ajak Dubes cicipi Dodol duren Batanghari

Lebih lanjut, Nico Barito menyampaikan saran agar masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Batang Hari untuk memberdayakan masyarakat lokal dalam pengelolaan pariwisata, Water Tourism. Disini kita tidak bicara skala bersar, cukup skala kecil akan tetapi nilai ekonomisnya tinggi. Masyarakat diberi pemahaman soal Water Tourism ini, mengelola kebersihan lingkungannya, menyiapkan sarana pariwisata murah seperti perahu, tempat-tempat yang nyaman untuk para turis walaupun sederhana seperti tempat santap kuliner daerah, tempat istirahat atau menginap dan seterusnya.

Wagub ajak para Dubes kunjungi ruang pameran Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi

Hadir dalam acara tersebut  Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani, M.Pd.I Wakil Bupati Batanghari, H. Bakhtiar, S.P. Duta Besar (Dubes) Suriname dan Nyonya, Dubes  Venezuela dan Conselor, Dubes Seychelles, Dubes Turkey, Dubes Belarus, Dubes Pakistan, Dubes Tunisia, Dubes Kenya, Dubes Polandia, Dubes Mesir, Dubes German, Dubes Bangladesh beserta istri dan putrinya, dan hadir juga Conselor China dan Palestina. Turut hadir  Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, dan Asisten III Setda Kabupaten Tebo, dan pengurus paguyuban Jambi di Jakarta.

Tonton lengkap videonya dari youtube https://www.youtube.com/watch?v=7poCfSSJ83c&t=5873s

Tim Peliput dan Penyusun Informasi Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *