banner 728x250
Event  

Eri Argawn : 6 dari 9 FSPM Sekitang Dayo Hadir…..

SPM Pro Jakarta

Perhelatan akbar Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Provinsi Jambi ke 61 tahun 2017 dengan tajuk FESTIVAL SELARAS PINANG MASAK (FSPM) IX, menyisakan banyak catatan-catatan dan juga kenangan pahit manis, sehingga tak sedikit peserta dari luar daerah, yang  dengan susah payah mengumpulkan dana untuk mengulang kembali keikutsertaan mereka pada Lomba tari Nusantara yang dgelar anjungan Jambi setiap awal Bulan desember setiap tahunnya.

banner 400x130

Baca  http://bpdpjambi.com/readnews?news=festival-selaras-pinang-masak-ix-pertama-dibuka-wakilgubernur , http://bpdpjambi.com/readnews?news=nina-topeng-lohsari-harap-festival-selaras-pinang-masak-terus-berlanjut-dan-terus-membaik

Dari Sembilan kali pelaksanaan, enam kali berturut-turut pada tahun 2012,2013 …. s/d 2017  diikuti oleh Sanggar Sekitang Dayo binaan Eri Argawan dari Kota Jambi.

“Ada lebih dari 300an anggota Sanggar Sekitang Dayo, ini sudah seperti sekolahan” tutur Eri Argawan kepada SPM Pro Jakarta di pelataran Anjungan Jambi, Selasa 12 Desember 2017 pagi tadi.

Untuk latihan, dan tampil di pentas lokal seperti di Taman Budaya, di acara-acara budaya seputaran kota Jambi, tentu anak-anak kita sudah terbiasa dengan hal itu, tapi supaya kemampuan mereka meningkat, termasuk juga kemampuan kami sebagai pelatih dan Pembina, tentu perlu juga diasah dengan mengikuti lomba-lomba atau Festival tari semacam ini (Festival Selaras Pinang Masak IX) dan kami  merasa peserta Festival Selaras Pinang Masak tahun ke tahun semakin baik, tahun ini Pak Wagub Fachrori Umar hadir, ini peningkatan. Selain itu  ada saja wajah-wajah lama yang datang lagi, bukan hanya Sekitang Dayo, sebut saja Sanggar Topeng Loh Sari dari Cirebon, dan Sanggar Putih Melati, meski tetap juga banyak wjah-wajah baru, dan itu bagus. Bagi kami yang terpenting minat bakat dan mental anak-anak bisa tersalur dan terlatih.” Ungkap Eri Argawan.

Untuk sampai ke Jakarta dengan  peserta sebanyak 59 orang, tentu tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini bagi Eri adalah tantangan yang tak mudah, akan tetapi karena kecintaan kepada seni dan budaya Jambi, demi tetap tumbuh dan lestari, semua memang harus diperjuangkan.

“Bila memungkinkan, kami usul agar panitia (Anjungan Jambi) kedepannya dapat  memberikan fasilitas lebih untuk peserta yang datang dari daerah se Provinsi Jambi, misalnya fasilitas konsumsi dan akomodasi setidaknya selama 3 hari guna meringankan beban kami-kami yang berangkat tanpa menggunakan APBD.”  Ujar Eri.

Menutup wawancara tak lupa Eri menyampaikan pesan dan harapannya untuk Anjungan Jambi, sekaligus pamit, karena hari ini Selasa, 12/12/2017 rombongan Sekitang Dayo akan terbang dari bandara Soekarno Hatta menuju Jambi.

“Selamat kepada Anjungan jambi yang telah sukses dalam penyelenggaraan festival Selaras Masak yang ke 9, semoga kedepan Festival Selaras Pinang Masak X akan lebih rame, lebih baik & lebih sukses lagi.. Amin” pungkas Eri Argawan

Reportase: Deny – Asnawi.

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *