banner 728x250

Geopark Merangin Resmi Masuk UNESCO Global Geopark

Geopark Merangin resmi di tetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) atau warisan dunia dalam sidang tahunan UNESCO, di Paris, Prancis pada Hari Rabu (24/05/2023). Untuk tahun 2023 ini terdapat 18 Geopark baru yang di tetapkan sebagai UNESCO Global Geopark di dunia, dan 4 di antaranya adalah Geopark yang berada di Indonesia yaitu  Geopark Ijen, Geopark Maros Pangkep, Geopark Raja Ampat dan Geopark Merangin.

Setelah pada 1 Maret 2023, Geopark Merangin ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Pemerintah Provinsi Jambi  berupaya maksimal untuk melakukan pembenahan tata kelola Geopark Merangin, baik penataan di lapangan maupun pembenahan dari sisi dokumen supaya Geopark Merangin memperoleh sertifikat pengakuan UGG.

banner 400x130

Usai melaksanakan Rapat Koordinasi Promosi Unggulan dan Pelestarian Seni Budaya Se-Provinsi Jambi di Balai Mufakat Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis (25/05/2023) Gubernur Jambi yang biasa disapa Al Haris mengatakan bahwa penetapan ini sangat menguntungkan, bukan hanya Kabupaten Merangin, tetapi bagi Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Usai Rapat
Gubernur Jambi Usai Rapat

“Alhamdulillah kemarin sore telah di tetapkan oleh UNESCO Global Geopark. Bahwa Geopark Merangin, termasuk salah satu yang di putuskan oleh UNESCO menjadi UNESCO Global Geopark atau Geopark dunia. Dan ini adalah suatu kehormatan bagi Provinsi Jambi, dan di nilai oleh UNESCO. Sebagai daerah yang punya kekhususan, di mana Geopark kita itu, adalah taman bumi yang di dalamnya ada patahan-patahan fosil, yang usianya 300 juta tahun,” ujar  Al Haris.

“Oleh karena itu, Kami dari Pemprov Jambi akan mencoba untuk medesain dan mengemas dengan baik. Sehingga nanti tidak hanya menjadi sejarah UNESCO, tetapi juga menjadi sejarah bangsa Indonesia. Bahwa salah satu Geopark Dunia, terdapat di Provinsi Jambi, yaitu Geopark Merangin,” lanjut Al Haris.

Bersama peserta Rapat Koordinasi

 

Gubernur juga mengungkapkan, Geopark Merangin yang memiliki potensi ekonomi, sektor wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) tersebut  harus di kelola dengan sebaik-baiknya, agar mendatangkan manfaat besar bagi Provinsi Jambi. Terutama membangkitkan ekonomi kreatif, di sekitar Kawasan Geopark Merangin.

“Saya menghimbau warga Jambi untuk menjaga ini semua. Terutama yang berada di lingkungan Geopark itu sendiri. Karena Geopark itu tujuannya, untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di sekitar Geopark tersebut,” kata Gubernur Al Haris.

Geopark Merangin sebagai Unesco Global Geopark ini telah melewati proses yang panjang dari tahun 2012. Mulai dari penetapan di tingkat nasional hingga akhirnya diakui oleh dunia. Upaya pelestarian dan penataan Kawasan Geopark Merangin yang di lakukan oleh Provinsi Jambi bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Merangin, Badan Pengelola Geopark Nasional Merangin Jambi, akademisi, komunitas, masyarakat, media, dan semua pihak terkait.

Tim Peliput dan Penyusun Informasi Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *