banner 728x250

Gubernur Jambi Beserta Ibu Hadiri Festival Selaras Pinang Masak Ke-XIII

Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi kembali menggelar Festival Selaras Pinang Masak ke-13  Tahun 2022  dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Jambi ke-66 yang jatuh pada tanggal 6 Januari mendatang. Bertempat di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah pada Sabtu, 10 Desember 2022 kegiatan dibuka langsung oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H.  Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jambi, Regional Pavilion & House Of Worship Manager TMII, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, utusan OPD Provinsi Jambi, Dewan Juri dan kontingen peserta lomba.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara Gubernur Jambi yang akrab disapa Al Haris menyampaikan apresiasi dan harapannya agar anak muda terus berkarya untuk bangsa.

banner 400x130

“Setelah vakum karena pandemi, alhamdulillah dengan membaiknya kondisi pandemi dan setelah pemerintah membenahi Anjungan disemua lokasi, artinya ini merupakan semangat baru bagi teman-teman pecinta seni budaya kedepan. Meski Ibukota Negara pindah ke Kalimantan, tetapi anjungan tidak pindah. Anjungan dan TMII hanya satu di Jakarta. Kita tetap semangat bahwa budaya, tari dan sebagainya harus hidup di TMII karena ini warisan leluhur yang harus kita lestarikan”, ujar Al Haris.

Gubernur Jambi
Gubernur Jambi saat memberikan sambutan sekaligus membuka Festival Selaras Pinang Masak

“Hari ini ada lomba Festival Selaras Pinang Masak ke-13, saya berharap moment ini dijadikan yang pertama silaturahim antar penari, pelaku seni dan sebagainya, dan kedua ini sebagai ajang bagi mereka untuk berprestasi tentunya. Mari kita terus berkarya untuk bangsa ini, karena bangsa ini butuh karya anak-anak muda kedepannya. Terima kasih dewan juri, kontingen dari provinsi maupun kabupaten/kota, mudah-mudahan acara ini memberikan kita nuansa dan kehidupan baru pasca pandemi Covid-19”, pungkas Al Haris.

Peserta Lomba Festival Selaras Pinang Masak ke-XIII

Sebelum itu dalam laporannya Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi  Drs. Amrulsyah menyampaikan rasa haru dan terimakasih atas kehadiran Bapak dan Ibu Gubernur Jambi, sekaligus harapannya atas kegiatan Festival Selaras Pinang Masak yang dilaksanakan hari ini.

“Bapak Gubernur yang saya hormati, perlu saya laporkan bahwa Festival Selaras Pinang Masak ini adalah agenda tahunan dari Anjungan Jambi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi yang sudah terselenggara selama 13 kali melaksanakan festival tari nusantara secara nasional. Namun suatu hal kebanggaan dari Allah SWT, suatu ridho dan rahmat bagi kami Badan Penghubung dan Anjungan Jambi serta para peserta bahwa selama 13 tahun Festival Selaras Pinang Masak ini berlangsung baru satu kali ini Bapak dan Ibu Gubernur Jambi hadir langsung di acara tersebut. Terimakasih Bapak dan Ibu Gubernur Jambi” ujar Amrulsyah.

Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi Saat Menyampaikan Laporan

“Kami berharap seniman-seniman yang ada di Jambi khususnya, yang ada dan hadir dan ikut berpartisipasi di Anjungan ini menjadi termotivasi untuk lebih giat lagi berkarya menciptakan karya-karya terbaiknya”, pungkas Amrulsyah.

Adapun Festival Selaras Pinang Masak ke-13 ini diikuti oleh 27 group tari yang berasal dari berbagai daerah diantaranya dari Jabodetabek, Kota Bengkulu, Kabupaten Langkat-Sumatera Utara, dan Kabupaten Purwakarta-Jawa Barat. Selain lomba tari hari ini juga terdapat pameran produk unggulan daerah dari Provinsi Jambi yang menampilkan hasil kerajinan daerah, makanan khas daerah dan informasi pariwisata serta potensi daerah yang ada di Provinsi Jambi.

Pameran Produk Unggulan Daerah

Reportase: Tim Peliput dan Penyusun Informasi  Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *