banner 728x250

Gubernur Jambi Usulkan 7 Proyek Strategis

Jakarta – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H menyampaikan pemaparan mengenai  tujuh usulan proyek strategis percepatan pembangunan di Provinsi Jambi kepada Pemerintah Pusat pada kegiatan Focus Group  Discussion (FGD) Mendorong Pembangunan Proyek Strategis di Provinsi Jambi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Jambi bertempat di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Senin (30/5/2022).

Adapun 7 usulan proyek strategis Pemerintah Provinsi Jambi adalah pertama percepatan pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Jambi, kedua penetapan Kawasan Strategis Nasional Candi Muaro Jambi, ketiga penetapan kawasan strategis pariwisata nasional Kerinci Seblat, keempat penetapan Georpark Merangin menjadi World Heritage, kelima penetapan Kawasan Industri Kemiking sebagai program strategis nasional, keenam penetapan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung sebagai program strategis nasional, dan ketujuh penetapan pembangunan Bendungan Merangin sebagai program strategis nasional.

banner 400x130
Al Haris menyampaikan paparannya pada FGD Mendorong Pembangunan Proyek Strategis di Provinsi Jambi

Disampaikan oleh Al Haris, Provinsi Jambi memiliki letak georafis yang strategis. Konstelasi proyek strategis bertujuan untuk menunjang peningkatan daya saing dan perekonomian provinsi Jambi. Dimana untuk prioritas pembangunan sangat membutuhkan infrastruktur, terutama insfrastruktur ruas jalan tol dan pelabuhan di Jambi. Sehingga perlu secepatnya melakukan sinergi pembangunan nasional dan prioritas pembagungan strategis di Provinsi Jambi.

Dalam wawancaranya dengan awak media, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Drs. Budi Setiyadi,S.H., M.Si., sangat mengapresiasi komunikasi dan koordinasi Gubernur Jambi kepada pemerintah pusat dan menyampaikan harapannya berkaitan dengan hasil FGD.

“Saya lihat gubernur koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat cukup bagus, sehingga apa yang dibutuhkan pemerintah daerah itu biar sesuai dengan program dan kegiatan yang ada di pemerintah pusat. Harapan saya dengan adanya FGD kolaborasi program pemerintah pusat dan daerah akan meningkat terutama Jambi sehingga program dan kegiatan saya bisa menyesuaikan dengan program prioritas di Provinsi Jambi. Kelanjutan dari FGD ini saya akan bicarakan dengan kepala BPTD dan koordinator di Jambi untuk nanti berkoordinasi dengan Kadishub Jambi,” ujar Budi Setiyadi.

Drs. Budi Setiyadi,S.H., M.Si., saat wawancara dengan spmnews.id

Pada kesempatan yang sama, Al Haris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jambi Suti Masniari Nasution yang telah mengisiasi  penyelenggaraan FGD.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Bank Indonesia Jambi yang telah menginisiasi acara ini untuk kepentingan provinsi Jambi ditingkat nasional, FGD terkait dengan perkembangan infrastruktur di Jambi. Pembangunan infrastruktur akan bisa berjalan kalau  semua stakeholder bergerak, lembaga, kementerian dan pemprov mendukung ini semua sehingga tercapai pembangunan yang terarah, terukur dan terintegrasi,” Pungkas Al Haris.

Gubernur Jambi didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jambi, saat wawancara dengan awak media

Hadir dan menjadi narasumber  pada FGD, Dirjen Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi, S.H, M.Si, Deputi Sarana dan Prasarana Bapenas RI Ir. Josaphat Rizal Primana, M.Sc, Asdir Deputi Infrastruktur Pembangunan Wilayah Kementerian Maritim dan Investasi RI Dr. Ir. Djoko Hartoyo, M.Mar, Sc, Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perrekonomian RI Suroto, Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN  Hendrika Nora Osloi Sinaga, S.T, M.M, dan Anggota DPR RI H.A. Bakri HM, S.E.

Focus Group Discussion (FGD) Mendorong Pembangunan Proyek Strategis di Provinsi Jambi, bertempat di Hotel Grand Hyaat , Jakarta

Pada hari ini juga dilaksanakan diskusi yang dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi  Jambi  Ir. Agus Sunaryo, M.Si. bersama Kementerian PUPR, unsur Forkompinda Provinsi Jambi dan OPD Provinsi Jambi yang terkait.

 

Reportase: Tim Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *