banner 728x250

Jambi Optimis Perubahan Status Bank Jambi ke Perseroda Akan Terwujud

spmnews.id Jakarta Selasa, 15 Maret 2022

Bertempat di Hotel Luminor Pecenongan Jakarta Pusat, telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) terkait perubahan status PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi (perseroda) dan penambahan penyertaan modal Pemerintah Provinsi Jambi kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi (perseroda).  FGD dipimpin langsung Sekda Provinsi Jambi, H.Sudirman,S.H,M.H yang dihadiri oleh Direktur Tata Hukum Daerah Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Direktur BUMD, BLUD dan BMD Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Asisten Perekonomian dan Pembangungan Setda Provinsi Jambi, Direktur Bank Jambi beserta jajarannya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Provinsi Jambi, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jambi, Tim Penasehat Investasi dan Tim Peneliti Perseroda Bank Jambi, dan Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi di Jakarta (Jakarta,15 Maret 2022).

banner 400x130

Dalam bincang-bincang spmnews bersama Sekda Provinsi Jambi dan Direktur BUMD,BLUD dan BMD Kemendagri di Lounge Hotel Luminor seusai acara, Sekda H.Sudirman optimis hasil pertemuan yang akan dibawa ke Gubernur dan DPRD, bahwa Bank Jambi “harus” menjadi Perseroda sesuai dengan undang-undang

“Secara prinsip kita tidak bisa lagi tawar menawar bahwa Bank Jambi harus menjadi Perseroda karena regulasi Undang-Undang Pemerintahan hanya ada dua untuk BUMD yaitu Perumda atau Perseroda. Dan kita sepakat Bank Jambi diubah menjadi Perseroda.”, ujar H.Sudirman

“Dengan adanya pertemuan yang difasilitasi oleh Kemendagri ini, mudah-mudahan kita bisa mengkomunikasikan kembali dengan Gubernur dan DPRD agar Perda ini disepakati sehingga terlaksananya perubahan BPD Jambi menjadi Perseroda dan memenuhi target sampai dengan 2024 sesuai regulasi OJK, lanjutnya.

Sejalan dengan yang disampaikan Sekda Provinsi Jambi, Direktur BUMD, BLUD dan BMD Kemendagri Budi Santoso mengapresiasi langkah Gubernur dan DPRD Provinsi Jambi untuk mengubah status BPD Jambi menjadi Perseroda.

“Saya mengapresiasi hal ini yang merupakan amanat dari UUD Nomor 3 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD. Ada langkah politik selanjutnya pembahasan dengan DPRD, harapan saya, seluruh pimpinan dan anggota DPRD, membantu proses ini dipercepat karena ini melaksanakan Undang-undang dan Peraturan pemerintah.

“Kepemilikan Bank Jambi itu sahamnya sebahagian besar dimiliki pemerintah daerah, dan ada ruang 49% untuk bupati dan walikota, silahkan dimaksimalkan”tegas Budi Santoso

Sebelumnya, dalam sambutannya Sekda H Sudirman meyampaikan bahwa tujuan pertemuan ini untuk membahas penyempurnaan Ranperda tentang perubahan status PT. Bank Pembangunan Daerah sekaligus penyertaan modal dalam rangka memenuhi tuntutan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kita mampu  memenuhi Modal Inti minimum paling sedikit Rp 3 triliun. Kemudian kita juga harus sepakat bahwa Ketika kita dorong BUMD menjadi Perseroda kita harus mampu memenuhi modal 51% dari Pemprov Jambi harus terakomodir selaku pemegang saham mayoritas. Kita mengharapkan saran dari masukan dari Direktur Tata Hukum Daerah Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Direktur BUMD, BLUD dan BMD Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri guna penyempurnaan Ranperda yang akan diusulkan Kembali ke DPRD. Yang paling prinsip kita bisa menghasilkan Rumusan Ranperda yang memenuhi syarat regulasi, tidak bertentangan dengan perundang-undangan, pemenuhan modal sesuai regulasi OJK terpenuhi dan tanggung jawab pemda terutama Pemprov Jambi untuk mencapai 51% saham mayoritas dapat terealisasi.

Sementara itu Direktur Tata Hukum Daerah Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Bapak Drs. Makmur Marbun, M.Si menjelaskan bahwa dalam perubahan status menjadi perseroda harus memiliki payung hukum atau Perda yang jelas dan pemerintah harus memiliki kebijakan mayoritas. Bank milik pemerintah daerah wajib memenuhi modal inti minimum paling sedikt Rp 3 triliun paling lambat 31 Desember 2024.

Reportase; Den,Diah,Asnawi,Raesa

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *