banner 728x250

Kriyanusa 2022, Ajang Promosi Daerah

Setelah dua tahun vakum hari ini Rabu, 21 September 2022 Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) kembali menggelar Pameran Kriyanusa 2022 dengan mengangkat tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” yang berlangsung mulai tanggal 21-25 September 2022, di Hall A Jakarta Convention Center. Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari 34 provinsi di seluruh Indonesia ini resmi dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ibu Iriana Joko Widodo, Saat membuka secara resmi Pameran Kriyanusa 2022
Ibu Iriana Joko Widodo, Saat membuka secara resmi Pameran Kriyanusa 2022

Pada Pameran Kriyanusa kali ini Dekranasda Provinsi Jambi melibatkan UMKM dari sebelas kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Adapun kerajinan yang ditampilkan produk batik, songket, anyaman, kerajinan tas, sepatu, aksesoris perhiasan, hingga kerajinan kursi dan meja  ukir.

banner 400x130

Dalam wawancara dengan awak media Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Ibu Hesti Haris menyampaikan bahwa pameran ini merupakan ajang promosi dan kita harus memiliki keterampilan untuk bercerita mengenai produk yang kita tampilkan.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, saat wawancara
Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, saat wawancara

“Disini adalah ajang promosi untuk seluruh daerah dengan berbagai kriyanya. Kita berharap dengan adanya pameran ini akan banyak yang mengenal produk dari Provinsi Jambi yang sudah cukup baik, cukup bagus dan berkualitas” ujar Ibu Hesti.

“Kita butuh keterampilan penjaga stand ini untuk bercerita, karna dengan bercerita orang akan tertarik. Kadang kualitas barang hampir sama dengan daerah lain tapi ketika tahu cerita, sejarah, motif dan filosofinya itu yang membuat barang itu semakin bernilai. Contohnya kita punya tas anyaman yang menggunakan Tekuluk Kecipung dari Kabupaten Kerinci, keunikan khas daerah itu yang menarik, tetapi kita harus bercerita kalau tidak orang tidak akan paham”, lanjut Ibu Hesti.

Lebih lanjut Ibu Hesti Haris juga menjelaskan bahwa produk yang ditampilkan telah melewati proses kurasi. Dimana produk harus berkualitas dan dibuat dengan penuh ketelitian.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjab Barat
Ketua Dekranasda Provinsi Jambi bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjab Barat

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan bahwa pameran ini sebagai salah satu perwujudan dari produk-produk kriya buatan dalam negeri yang memiliki aspek budaya untuk dapat diperlihatkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas, serta harus dikembangkan lebih lanjut sebagai komoditas industri yang memiliki daya saing dan bernilai ekonomi tinggi.

Ibu Iriana dan Ibu Wury, saat melihat stand pameran
Ibu Iriana dan Ibu Wury, saat melihat stand pameran

Setiap tahunnya, Pameran Kriyanusa mengusung ikon daerah Nusantara yang berbeda-beda, dan Ikon Kriyanusa untuk tahun 2022 adalah dari Provinsi Lampung. Turut hadir pada acara tersebut antara lain Dewan Kehormatan Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Ibu Tri Tito Karnavian, dan Ketua Pameran Kriyanusa Elizabeth Thohir.

 

Reportase: Tim Peliput dan Penyusun Informasi  Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

 

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *