banner 728x250

Rachel gadis belia dari Inggris pake Kuluk & menari Sekapur Sirih

SPM Pro News Jakarta

Kunjungan singkat di Anjungan Jambi TMII, Jumat 5 April 2019 pukul 10.00 WIB pagi tadi, benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Rachel dan kawan-kawan dalam lawatan sekolah tempatnya bernaung Internasional Montessori School  Tanggerang, dalam tajuk Wokshop Seni Budaya Melayu Jambi.

banner 400x130
Belajar tari Sekapur Sirih Jambi

Ada sekitar 40 siswa Internasional Montessori School  yang berasal dari berbagai negara yang ikut dalam kegiatan ini. Di Anjungan Jambi Rachel dan kawan-kawan selain menyaksikan penampilan tari persembahan Sekapur Sirih, mereka juga berkesempatan mempelajari dan berlatih tari sekapur Sirih bersama-sama para penari Sanggar Diklat Selaras pinang Masak Anjungan Jambi. Tak sampai disitu, para siswa-siswi ini juga berkesempatan belajar singkat memukul kompangan dan mengenakan Tengkuluk, penutup kepala wanita khas melayu Jambi, sedangkan siswa putra diperkenalkan mengenakan Lacak.

Do you like it ?  MC Witta pada Rachel.

“Sure, it’s very nice”, ujar Rachel sambil memperlihatkan kuluk yang dikenakannya.

Ada beberapa jenis kuluk yang diperagakan oleh naras umber Siti Asiah dan Yanti (keduanya karyawati anjungan Jambi), diantaranya kukuk Pulau Reangas dan kuluk ke humo.

Puas dengan kompangan, tengkuluk dan lacak, para siswa beserta para guru pengasuh disuguhi hidangan khas Jambi “Nasi Minyak”. Hampir semua mengatakan baru pertama kali mendapatkan suguhan nasi minyak, dan tak pernah mereka temui di negara asal mereka. Yang unik dari kejadian ini, saat salah satu dari mereka mencoba sambal nanas, semula terlihat ragu dan takut pedas, tapi setelah mencoba akhirnya mereka berulang-ulang minta tambah nasi dan sambal nanas, hingga sambal nanas ludes, sedangkan daging terlihat masih tersisa cukup banyak.

Kepada SPM Pro News, pimpinan Anjungan Jambi  Wika Efianty merasa puas dengan kegiatan ini.

Pimpinan Anjungan Jambi Wika Efianty diantara staf Anjungan dan Turis mancanegara

“Ini promosi kecil yang sangat penting, kita lihat anak-nak tadi yang berasal dari berbagai negara sangat puas dengan kegiatan Workshop yang kita laksanakan, juga mereka sangat menikmati nasi minyak yang kita sajikan, bahkan tadi guru-guru pendamping juga menyampaikan ke saya, untuk kedepannya berharap bisa kerjasama lagi dengan anjungan Jambi untuk kegiatan serupa”, pungkas Wika

Reportase : Deny _ Hasan

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *