banner 728x250

Selesai…, tak adalagi yang bisa mudik

SPM News

Mengingat Seluruh Provinsi telah terdampak covid 19, dan wabah covid 19 telah ditetapkan sebagai bencana nasional. Pemerintah RI telah memutuskan pelarangan mudik lebaran yang diberlakukan mulai hari ini (Jum’at) 24 April 2020 s/d 31 Mei 2020.

banner 400x130

Juru bicara kementerian perhubungan Adita Irawati menyebutkan, seluruh moda transportasi komersial, baik darat, laut dan udara, termasuk layanan kereta api, dihentikan. Untuk sementara ini penghentian transportasi tersebut berlaku sejak ditetapkannya larangan mudik lebaran, Jumat, 24 April 2020 pukul 00 sampai dengan  31 Mei 2020.

Lebih lanjut Adita Irawati menyampaikan Setelah 31 Mei 2020 akan ada kajian apakah akan ada perpanjangan pelarangan, melihat situasi terkini tentang epidemi covid 19 yang akan diputuskan melalui keputusan pemerintah.

“Saat ada larangan mudik, ada larangan sementara transportasi umum darat, laut, udara, kereta api, kendaraan pribadi dan sepeda motor yang masuk keluar wilayah PSBB zona merah yaitu Jabodetabek dan aglomerasi lainnya. Ketentuan ini dikecualikan untuk angkutan logistik dan kebutuhan pokok, angkutan umum dan pengangkut obat-obat, dan petugas ambulan jenazah” ujarnya

Kemenhub juga menegaskan tidak ada penutupan jalan tol dan jalan nasional. Pemerintah hanya melakukan penyekatan dan pembatasan karena kendaraan logistik masih bisa lewat.

Bagaimana dengan sanksi bila ada pelanggaran di lapangan?

“Sanksi dan dalam beberapa kesempatan sudah bahwa akan diberlakukan secara bertahap akan dimulai 24 April hari pertama sampai 7 Mei persuasif seperti ketika di death point, tidak penuhi akan minta kembali ke tempat semula, artinya setelah 7 Mei sampai akhir akan terapkan sanksi keras ketat sampai dengan adanya denda akan sesuaikan dengan ketentuan berlaku,” kata Staf Khusus Menhub Adita Irawati di Jakarta

DENY

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *