banner 728x250

Soca Niscala Sunda Bangga dapat Piala Bergilir Gubernur Jambi

SPM NEWS Jakarta

Menjadi jawara tari nusantara, tentu menjadi impian setiap sanggar tari dimanapun berada. Demikian yang dirasakan personil Sanggar Soca Niscala Sunda dari Subang Jawa Barat yang pada tanggal 10 Desember 2022 berhasil menjadi juara 1 sekaligus juara umum Festival Selaras Pinang Masak XIII tahun 2022 dengan tema Lomba Tari Nusantara Tingkat Nasional, dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Provinsi Jambi ke 66  yang diselenggarakan oleh Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi.  Sanggar ini selain dinobatkan sebagai juara 1, personilnya atas nama Fakhirah Zabhit Yulriawan juga dinobatkan sebagai penari wanita terbaik tahun 2022.

banner 400x130

“Ya, tentu kami merasa sangat bangga, apalagi kita dari Subang – Jawa Barat bisa mendapatkan piala bergilir dari Gubernur Jambi kami merasa bangga banget”, ujar Dzakiah Apypah Ghanie yang menjadi juru bicara kepada spmnews.id saat wawancara.

Menceritakan ide garapan yang mereka tampilkan berangkat dari gerak seni tradisional didaerahnya, dengan memasukkan tema musibah yang terjadi di cianjur dan sekitarnya. Keprihatinan atas musibah gempa bumi yang banyak merenggut korban jiwa tersebut menjadi ide garapan dengan maksud agar kita selalu waspada terhadap musibah serupa dan berharap musibah tersebut tidak terulang kembali.

Dzakiah Apypah Ghanie juga menanggapi kepiawaian sanggar tari lainnya yang berlaga di Festival Selaras Pinang Masak XIII.

“Semua yang tampil bagus-bagus, kita sempat keder juga, tapi ya Alhamdulillah akhirnya dewan juri menetapkan kami sebagai juara”, ujar Dzakiah.

Fakhirah Zabhit Yulriawan sebagai penari terbaik yang juga anggota Sanggar Soca Niscala Sunda menyampaikan rasa syukurnya bisa tampil dengan baik.

“Saya merasa sangat bersyukur sekali, berkat doa dari keluarga dan teman-teman semua, saya bisa terpilih sebagai penari terbaik”, ujar Fakhirah.

Aksi Fakhirah (berdiri) bersama tim

Sanggar Soca Niscala Sunda dari Kabupaten Subang Jawa Barat menjadi juara pertama sekaligus sebagai juara umum dengan score 1.350 terpaut 15 point dari juara 2 yang datang dari Purwakarta. Berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar 7 juta rupiah, piala juara 1, penghargaan dan trophy bergilir Gubernur Jambi dan penari terbaik mendapatkan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah dan penghargaan.

Berikut daftar urut juara  Lomba Tari Nusantara Festival Selaras Pinang Masak XIII tahun 2022 di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

  • Juara 1 Sanggar Soca Niscala Sunda – Kabupaten Subang  Jawa Barat
  • Juara 2 Sanggar Seni Republik GSA Purnayudha – Purwakarta  Jawa Barat
  • Juara 3 Sanggar PPY Purwasima – Kabupaten Purwakarta  Jawa Barat
  • Harapan 1 Sanggar Diklat Tari Anjungan Lampung – Jakarta
  • Harapan 2 Sanggar Tari Ratih Ayu – Jakarta
  • Harapan 3 Swargaloka School Dance – Jakarta
  • Favorit 1 Sanggar Perahu Etnic Production – Kabupaten Langkat  Sumatera Utara
  • Favorit 2 Sanggar Gema Asura – Bengkulu
  • Favorit 3 Sanggar Sailun Salinmbai – Kabupaten Muaro Jambi
Penampilan Sanggar Sailun Salimbai dari Muaro Jambi

spmnews.id

Reportase: Tim Peliput dan Penyusun Informasi Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *