banner 728x250

Sri Suparni Bahlil Ajak Lestarikan Tekuluk Jambi

Istri Gubernur Jambi Ibu Hesti Haris selaku Ketua Dekranasda Provinsi Jambi dan Wakil Ketua Dekranasda Ibu Iin Sudirman terus mempromosikan Kuluk (Tekuluk) Jambi dikancah nasional. Pada Selasa, 23 Agustus 2022 bertempat di Ruang Nusantara Kementerian Investasi Republik Indonesia, rombongan Dekranasda Provinsi Jambi mendapat kesempatan mempromosikan budaya Jambi yakni melalui pembuatan video tutorial pemasangan Tekuluk Jambi dengan model Ibu Sri Suparni Bahlil. Pada kesempatan ini Ibu Sri Suparni Bahlil mengenakan tiga macam Tekuluk Jambi dari berbagai daerah.

Ibu Sri Suparni Bahlil bersama Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi
Sri Suparni Bahlil bersama Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi

Saat bincang-bincang bersama Ibu Sri Suparni Bahlil, Ibu Hesti Haris menyampaikan rasa terimakasih kepada Ibu Sri Suparni Bahlil selaku penasehat Dharma Wanita Kementerian Investasi, mau menjadi model dan memberikan support terhadap pelestarian budaya Tekuluk Provinsi Jambi.

banner 400x130

“Senang sekali kita hari ini berada di Ruang Nusantara Kementerian Invesatasi, terima kasih beliau berkenan menjadi model pelestarian Tengkuluk Provinsi Jambi. Hari ini beliau anggun sekali mengenakan Tekuluk Jambi dan batiknya yang juga cakep”, ujar Ibu Hesti.

“Dari kemarin kita ngobrol-ngobrol tentang pelestarian budaya dan beliau sangat mendukung program yang kita laksanakan dan tentunya kita sebagai orang Jambi, bangga dan bahagia karena beliau mensupport kegiatan ini. Dan kedepannya kita berharap dengan banyaknya yang mengenal Tekuluk Jambi karena ini akan viral nantinya maka Batik Jambi akan ikut naik pemasarannya sehingga para pengrajin bisa hidup sejahtera’, lanjut Ibu Hesti.

Ibu Sri Suparni Bahlil, istri dari Menteri Investasi RI yang merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia pada kesempatan tersebut menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pelestarian budaya Jambi.

Tutorial Pemasangan Tekuluk Rumbai

“Ini sangat luar biasa sekali, tentunya ini adalah support kita bersama dalam rangka melestarikan budaya Indonesia khususnya dari Provinsi Jambi. Seperti yang saya kenakan ini adalah jenis Tekuluk Rumbai, cantik sekali ini dikenakan oleh para kaum perempuan Jambi,” ujar Ibu Sri.

Lebih lanjut Ibu Sri Suparni Bahlil juga menyampaikan harapannya mengenai pelestarian budaya Jambi yang merupakan bagian dari budaya Indonesia dan mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk turut melestarikan budaya Indonesia.

Tekuluk Jambi bagian Budaya Indonesia

“Harapan kita bukan hanya perempuan Jambi saja yang mengenakan (Tekuluk Jambi), perempuan Indonesia dimanapun berada juga turut melestarikan budaya. Tentunya pelestarian budaya ini tidak cukup sampai disini saja, mudah-mudahan kedepannya kita sama-sama melestarikan warisan budaya kita salah satunya Tekuluk Jambi”, ujar Ibu Sri.

“Sukses selalu untuk Dekranasda Provinsi Jambi, dan buat perempuan dimanapun berada, ayo sama-sama melestarikan budaya Indonesia. Salam sehat dan sukses selalu”, pungkas Ibu Sri.

Ibu Sri bersama Dharma Wanita Kementerian Investasi Kenakan Tekuluk Jambi
Ibu Sri bersama Dharma Wanita Kementerian Investasi Kenakan Tekuluk Jambi

Ada 98 model Tekuluk Jambi dari berbagai daerah. Tekuluk Rumbai merupakan salah satu jenis Tekuluk yang dipakai oleh perempuan untuk menari dan menanti tamu pada pesta pernikahan di Kota Sungai Penuh. Rumbai adalah dari kata jumbei yang merupakan salah satu hiasan dibelakang sangkul, berbentuk selembar sal. Mencerminkan pandangan kehidupan seorang perempuan, isyarat-isyarat dan tata cara menjalani hidup dan kehidupan.

Reportase: Tim Peliput dan Penyusun Informasi  Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *