banner 728x250

Tagor Mulya harap tokoh dan masyarakat Jambi di Jakarta dukung program Pemprov

SPM PRO NEWS Jakarta

Hadir di acara Halal Bil Halal dan silaturrahim masyarakat Jambi  se Jabodetabek yang diselenggarakan Badan Musyawarah Keluarga Jambi di Jakarta (BMKJ) pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 bertempat di Gedung Soesilo Sudarman kementaerian Pariwisata R.I Jakarta, Assisten III Setda Provinsi Jambi  Ir.H.Tagor Mulia Nasution,MM mewakili Plt Gubernur Jambi berharap adanya dukungan dari segenap tokoh-tokoh dan seluruh masyarakat Jambi di Jakarta untuk mewujudkan program-program prioritas skala nasional Provinsi Jambi, salah satunya dalam upaya mewujudkan Pelabuhan Samudera di Ujung Jabung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang selama ini harus menderita kerugian akibat transportasi produk-produk unggulan Jambi termasuk batubara harus menggunakan pelabuhan-pelabuhan yang jauh seperti ke Riau, Palembang dan Tanjung Priok. Demikianhalnya dalam program perluasan perpanjangan landasan pacu di semua bandar udara di Provinsi Jambi agar bisa didarati oleh pesawat terbang berbadan besar, baik untuk penumpang maupun cargo.

banner 400x130

“Provinsi Jambi adalah Provinsi yang kaya, dengan komodity andalan  kelapa sawit (CPO) yang masuk dalam rangking 5 besar di Indonesia, demikian pula halnya dengan produksi karet, kopi dan kelapa dalam yang juga masuk 5 besar di Indonesia. Bahkan untuk produksi Kayu manis provinsi Jambi adalah yang terbaik dan terbesar di Indonesia dengan kualitas no 1 terbaik di dunia.”

“Namun demikian, sumber daya yang luar biasa tadi, pada umumnya kita lepas kepasar atau kita ekspor paling-paling baru sebatas barang atau produk setengah jadi. Termasuk kelapa sawit, baru sebatas CPO-nya belum membentuk produk-produk hilir lainnya. Begitu juga kopi yang baru sekitar 24 sen yang bubuk, lainnya masih dalam bentuk biji kering ataupun berasnya. Sama juga dengan karet, yang masuk dalam sir 20 itu baru sekitar  44 sen, sisanya masih dalam bentuk bantalan. Demikian halnya produk-produk lainnya.” Ujar Tagor Mulya Nasution.

Dengan terwujudnya Pelabuhan Samudera, maka kedepannya hasil produksi dari Provinsi Jambi dapat langsung menuju sasaran eksport tanpa harus terbebani lagi dengan biaya yang besar dengan memenfaatkan pelabuhan di Provinsi lain dan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara halal Bil Halal Masyarakat Jambi se Jabodetabek tahun ini, diisi juga dengan sosialisasi program pemerintah Provinsi Jambi dengan sajian paparan program pembangunan dan mengangkat tema seputar isue sosial oleh Bappeda, Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Prov Jambi Cornelis Buston, Kombes Pol Herman (mewakili Kapolda Jambi), Ibu Juniwati Maschun Sofwan (Anggota DPD R.I), Sy.Fasha Walikota Jambi. Amir Sakib Wakil Bupati Tanjab Barat, BBS Wakil Bupati Muaro Jambi. Dirut Bank Jambi, Komjen Pol Susno Duadji (tokoh Sumbagsel), Para Tokoh-tokoh Jambi di Jakarta, dan masyarakat Jambi di Jakarta.

Reportase: Deny-Asnawi-Hasan-Cokro

 

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *