banner 728x250

Warga Jambi di Jakarta rayakan HUT Provinsi Jambi ke 62

SPM Pro News Jakarta.

Hari ini Minggu 13 Januari 2019, warga masyarakat Jambi di Jakarta dan sekitarnya yang tergabung dalam Badan Musyawarah Keluarga Jambi di Jakarta (BMKJ) antusias merayakan HUT Provinsi Jambi ke 62 dengan berbagai acara, antara lain senam masal, gerak jalan santai, serta penyelenggaraan Bazaar dan kuliner khas Jambi yang terpusat di pelataran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Jakarta.

banner 400x130

Turut hadir dalam acara tersebut, Mewakili Pemerintah Provinsi Jambi, hadir Sekretaris Daerah M.Dianto bersama jajaran dan tokoh-tokoh masyarakat Jambi di Jakarta, dan Dirut Bank Jambi sebagai sponsor utama.

Dalam arahannya Sekretaris Daerah M.Dianto mengajak warga masyarakat Jambi yang ada di perantauan, khususnya di Jakarta dan sekitarnya agar senantiasa menjalin silaturrahim serta memberikan doa dan dukungannya sehingga roda pemerintahan di Provinsi Jambi dapat berjalan dengan baik.

“Kepada seluruh warga masyarakat Provinsi Jambi yang ada di perantauan, di Jakarta dan sekitarnya, atas nama pemerintah Provinsi Jambi kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, kami mengucapkan selamat merayakan hari Ulang Tahun Provinsi Jambi ke 62, tak lupa kami mohon dukungan dan do’anya agar pemerintahan kita di Provinsi Jambi dapat berjalan dengan baik, juga kepada masyarakat Jambi di Jakarta yang memiliki tugas dan fungsi di pemerintahan,  agar senantiasa menjalin komunikasi dan silaturrahim dengan warga masyarakat kita yang ada di perantauan, seperti dalam pelaksanaan acara saat ini.” Ujar M.Dianto

Selain itu, merespon penyampaian permohonan bantuan dana untuk penyelenggaraan acara-acara BMKJ, M. Dianto menyampaikan agar BMKJ mengajukan proposal dukungan anggaran, satu periode tahun anggaran sebelumnya untuk pelaksanaan kegiatan pada tahun yang direncanakan.

Sekda Prov M.Dianto saat memberikan sambutan

“Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, dalam pertemuan di Badan penghubung Provinsi Jambi yang juga dihadiri oleh adik-adik mahasiswa, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi ataupun Pemerintah dimanapun berada, dalam mengeluarkan uang negara tidak semudah tahun-tahun yang lalu. Oleh karena itu (pada saat itu saya sampaikan) kalua ada kegiatan, hendaknya pada periode sebelumnya dititipkan kepada kami atau melalui Badan penghubung di Jakarta, nanti anggaran bisa kami masukan kepada OPD yang terkait. Misalkan untuk kegiatan seperti ini, anggaran bisa kami titipkan di Badan Penghubung di Jakarta atau di bagian Kesramas di Jambi. Selain itu saya ingatkan juga, jika anggaran itu dalam bentuk kegiatan, maka kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi pada tahun-tahun berikutnya, namun jika itu adalah dana hibah, maka kegiatannya tidak bisa dilaksanakan setiap tahun secara berturut-turut”, lanjut M.Dianto

“Dan sejak Bapak Fachrori Umar memegang tampuk pemerintahan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Jambi, prinsip kehati-hatian dalam penggunaan anggaran lebih diperketat, kita tidak mau terjadilagi adanya hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang bisa mengakibatkan terjadinya permasalahan hukum.”, pungkas M.Dianto

Sementara itu, Ketua Umum Badan Kerukunan Masayarakat Sumatera bagian Selatan (BKMS) Prof.Jimly Asshiddiqie dalam sambutannya memberikan semangat agar warga masyarakat Jambi di Jakarta dapat muncul dan bersuara di kancah nasional untuk mewujudkan kembali kejayaan kerajaan Sriwijaya yang pernah terpusat di Muaro Jambi.

Prof.Jimly Asshiddiqie

“Provinsi Jambi ini termasuk yang jarang dibicarakan ditingkat nasional, mungkin karena tokoh-tokohnya yang kurang tampil ditingkat pusat, namun begitu Provinsi Jambi ini dipandang sebagai gambaran Indonesia, Jambi memiliki ciri yang khas,  yang sebetulnya banyak sekali memiliki potensi baik itu dibidang pertanian, dibidang Pariwisata dengan objek wisata budaya dan wisata alam yang belum di explore”. Ujar Jimly

“Saya juga menghimbau, Dihari ulang tahun ke 62 Provinsi Jambi ini , dengan banyaknya permasalahan-permasalahan yang terjadi didaerah kita, baik yang menimpa pimpinan daerah kita (Gubernur Jambi) dan DPRD, ini bisa membuat kita berubah, memperbaiki diri dan mengevaluasi dan tidak mengulang kesalahan yang sama, agar pemerintahan dan pembangunan ini bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Jangan ragu, jangan takut, jangan berkeluh kesah, ingat.. Sejarah Jambi dan Palembang sebagai pusat kerajaan Sriwijaya, sebagai kerajaan terbesar di Asia tenggara, jika kita kompak dan bersatu saya yakin dan percaya Jambi dengan segala potensi besar yang dimiliki akan bisa mengembalikan kejayaan masalalu, menjadi daerah yang sangat diperhitungkan ditingkat nasional.”, pungkas sang Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Senada dengan penyampaian sebelumnya, Ketua BMKJ  Zainal abidin mengucapkan terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak sehingga kegiatan ini dapat terlakana dengan baik, dan berharap seluruh masyarakat Jambi  di Jakarta dan sekitarnya dengan segenap potensi-potensi yang dimiliki masing-masing individu,  agar dapat menjalin kebersamaan dan kekompakan sehingga Provinsi Jambi ini akan lebih maju lagi.

Ketua Umum BMKJ Zainal Abidin

Perayaan menyambut HUT Provinsi Jambi ke 62 di Jakarta, pada tanggal 9 Desember 2018 yang lalu telah pula dilaksanakan oleh Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, dengan pelaksnaan Festival Selaras Pinang Masak ke 10 dengan acara pelaksanaan Lomba Tari Nusantara ke 10 Tingkat Nasional yang diikuti sebanyak 38 peserta dari Jabodetabek dan berbagai Provinsi di Indonesia.

Salah satu peserta Festival Selaras pinang Masak X

Reportase: Deny-Hasan-Asnawi

 

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *