banner 728x250

Gubernur Jambi, Ketua LAM dan Direktur Eksekutif TMII apresiasi Festival Budaya HUT Jambi di TMII

SPM NEWS Jakarta

Setelah sebelumnya Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H beserta ibu Hj. Hesnidar Haris hadir pada acara Festival Selaras Pinang Masak XIII Tahun 2022, sekaligus membuka secara resmi Lomba Tari Nusantara tingkat nasional di Anjungan Jambi TMII, Minggu 11/12 2022 Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.P.dI hadir untuk membuka Festival Budaya Jambi yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Anjungan Jambi TMII.

banner 400x130
Tari Ayun Luci dari Kerinci

Berbagai atraksi seni budaya Jambi turut memeriahkan perhelatan ini, antara lain tari ayun Luci yang didatangkan langsung dari Bumi Sakti Alam Kerinci, selain itu juga ada tarian kreasi anak Jambi yang tergabung dalam Diklat Selaras Pinang Masak Anjungan Jambi, tari dari kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi, nyanyian dari kabupaten Sarolangun, kuliner khas Daerah dan pameran produk UMKM, antara lain batik Jambi.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jambi, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, sehingga kegiatan Festival Selaras Pinang Masak XIII yang berisi Lomba Tari Nusantara yang dilaksanakan tanggal 10 Desember 2022 dan Festival Budaya Jambi 11 Desember 2022, dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Provinsi Jambi ke 66 dapat terselenggara dengan baik.

“Atas nama pemerintah Provinsi Jambi dan mewakili Bapak Gubernur izinkan saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah menginisiasi, yang telah mendukung, yang telah berkontribusi dalam kegiatan Festival Budaya Jambi yang diselenggarakan di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta pada hari ini”, ujar Abdullah Sani.

Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani,M.PdI

“Jauh dari kampung halaman tapi tidak menyurutkan semangat kita untuk bersama menjadikan  ajang silaturahmi, sebagai ajang mempererat tari persaudaraan dengan saudara-saudara kita yang berada di perantauan, dalam rangka turut menyambut peringatan hari ulang tahun tanah kelahiran kita tercinta Provinsi Jambi yang ke-66 yang puncak perayaan Insya Allah nanti kita laksanakan pada tanggal 6 Januari 2023”, pungkas Wagub.

Senada dengan hal tersebut, sebelumnya tokoh masyarakat Jambi yang juga anggota DPD RI Dapil Jambi dan sekaligus Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM yang akrab di sapa HBA, berharap kegiatan Festival Budaya Jambi yang dilaksanakan di Anjungan Jambi TMII ini, akan dapat terus dilaksanakan dan dapat mengangkat marwah budaya Jambi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kita berharap agar Festival budaya yang digelar hari ini akan semakin besar marwahnya baik di tingkat nasional maupun internasional dan tentunya dapat dijadikan event atau agenda tahunan”, ujar HBA.

Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM

Sebagai orang tua, kami sampaikan mari sama-sama kita kembangkan seni budaya Daerah Jambi baik melalui perorangan maupun melalui organisasi dengan manajemen yang profesional, sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam kehidupan beragama dan  bermasyarakat sebagaimana seloko adat Jambi mengatakan Adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabbullah. Yang kedua saya berpesan kepada semua warga Jambi di perantauan, bawa anak dan istri untuk sesekali pulang ke Jambi, untuk melihat tanah kelahiran kita”, lanjut HBA.

Sebelumnya Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utari yang turut hadir menyambut kehadiran Wakil Gubernur Jambi menyampaikan bahwa Provinsi Jambi telah menjadi contoh untuk Provinsi lain dengan penyelenggaraan Festival Budaya yang digelar 10-11 Desember 2022.

Direktur Eksekutif TMII Emilia Eny Utari

“Provinsi Jambi sudah memberikan contoh yang sangat baik sekali dengan adanya kegiatan Festival Jambi pada hari ini dan tentunya ke depan kita berharap setiap Sabtu dan Minggu ada acara atau  kegiatan budaya di Anjungan sehingga menjadi daya tarik wisatawan yang akan masuk dan berkunjung ke Taman Mini, kepada Bapak Wakil Gubernur beserta seluruh jajaran yang ada di Provinsi Jambi yang telah melakukan dan telah melaksanakan kegiatan Festival Jambi sejak tanggal 10 sampai dengan tanggal 11 Desember terima kasih dan tentunya mudah-mudahan HUT Jambi nanti ke depan akan  semakin lebih baik dan semakin lebih jaya di masa yang akan datang”, ujar Emilia.

Turut unjuk kebolehan dalam atraksi seni tersebut adalah Juara Pertama (juara umum)  Lomba Tari Nusantara yang digelar pada hari sebelumnya, yaitu tari dengan judul “Palagon Banjar Karuman” yang mengangkat tema Gempa Cianjur, dibawakan oleh Sanggar Soca Niscala Sunda dari Kabupaten Subang  Jawa Barat. Sanggar ini menerima Piala Bergilir Gubernur Jambi yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jambi.

Wagub Jambi menyerahkan Piala Bergilir Gubernur Jambi kepada juara 1 Lomba Tari Nusantara Festival Selaras Pinang Masak XIII Sanggar Soca Niscala Sunda Purwakarta – Jawa Barat

Acara juga dimeriahkan oleh Fashion Show Batik Jambi, demo pemasangan penutup kain wanita Jambi (Tekuluk). Hadir dalam acara tersebut antara lain, Anggota DPR RI  H. M. Bakri, SE, anggota DPD RI Dapil Jambi Ria Mayang Sari, Pimpinan dan Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi, Ibu Juniwati Masychun Sofwan, Perwakilan Kedubes Palestina untuk Indonesia, pimpinan dan tokoh perempuan Sumbagsel, Forkompida Provinsi Jambi, Bupati Muaro Jambi, pimpinan Badan Penghubung dan Anjungan daerah se-Indonesia, perwakilan Bank Jambi di Jakarta dan undangan lainnya.

Reportase: Tim Peliput dan Penyusun Informasi Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

 

 

 

 

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *