banner 728x250

Susno Duadji : Mudah bagi Provinsi Jambi jika ingin melipat 2,3 bahkan 4 APBD Jambi dari 4 T menjadi 16 T

SPM PRO NEWS Jakarta

“Sekarang APBD Provinsi Jambi memang baru 4 T, tetapi saya yakin APBD Jambi ini akan bisa jadi berlipat-lipat jika Provinsi Jambi dipimpin oleh orang  yang benar-benar mengenal potensi besar yang dimiliki oleh Provinsi Jambi, dan memiliki kemampuan dalam pengelolaannya.”

banner 400x130

Hal itu disampaikan mantan Kabagreskrim Polri Komjen Pol (Pur) Susno Duadji dalam sambutannya diacara HBH masyarakat jambi di Jakarta, Sabtu, 20 Juli 2018 bertempat di Gedung Soesilo Sudarman kementaerian Pariwisata R.I Jakarta

Menurut Susno, potensi Batubara Provinsi Jambi no.2 di Indonesia setelah Sumatera Selatan, dengan potensi sebesar lebih dari 1 Milyar Ton, demikian halnya  potensi Karet, gas dan minyak, semuanya termasuk potensi terbesar di Indonesia.

“Sekalipun Pelabuhan Samudera yang akan dibangun ini berada didaerah rawa, tapi rawa mana dizaman sekarang ini yang tak bisa dibangun ? Yang paling keberatan dengan pembangunan pelabuhan samudera adalah Singapura dan Malaka, dan berdua inilah pesaing yang paling hebat di selat Malaka  saat ini. Jika hanya ingin melipat empat dari 4 T menjadi 16 T, I thing it’s not imposible. Sangat masuk akal. Kenapa ?

  1. Jika pelabuhan samudera dibangun di Jambi, maka dari Batu bara jangan diharapkan kenaikan 240 rupiah/kilo, karena kualitas batubara di Jambi itu justru lebih baik dari Batubara di Sumatera Selatan. Pasti angkanya akan lebih besar lagi.
  2. Segera lanjutkan pembangunan Pelabuhan Samudera
  3. Potensi Batubara yang belum ada Izin Usaha Pertambangan Khusus (IPK) oleh swasta, harap segera dapat dikelola sendiri oleh BUMD” jelas Susno

Selanjutnya Susno Duadji  mencontohkan jika 1 IPK itu 1000 HA dengan cadangan batubara sebesar 50 juta Ton, jika  misalkan saja 1 juta ton itu keuntungannya 4 dolar, maka dari 1 IPK saja bisa mendapatkan 200 juta dolar.

Terakhir Susno memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi Jambi agar  Potensi batubara yang belum dikelola oleh swasta, agar dapat dikelola sendiri dalam bentuk BUMD, dengan demikian peningkatan APBD dari 4 T menjadi 2,3 atau 4 kali lipat akan dapat terwujud. Selain itu jiwa-jiwa seorang entertainer juga diperlukan bagi kepala daerah untuk mengelola potensi jambi yang luar biasa ini dan dalam posisi ini kita bisa membuktikan bahwa Jambi adalah tulangpunggung dari Bumi Sriwijaya.

Reportase : Deny-Asnawi,Hasan,Cokro

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *