banner 728x250

Amrulsyah himbau masyarakat Jambi waspada terhadap akun palsu

Spmnews.id

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Jambi di Jakarta Drs. Amrulsyah menghimbau masyarakat Jambi khususnya yang berniat untuk menginap di Mess Jambi – Cikini Jakarta Pusat agar berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan melalui berbagai media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, maupun website yang mengatasnamakan lembaga namun sebenarnya fake atau palsu. Hal tersebut disampaikan Amrulsyah kepada spmnews.id Senin, 6 Mei 2024 sehubungan dengan adanya tamu/pengunjung Mess Jambi yang merasa sudah memesan kamar dan membayar dengan cara transfer atas nama pribadi seseorang bukan ke rekening resmi Pemerintah Provinsi Jambi, setelah sebelumnya berkomunikasi  dengan seseorang dan mendapatkan nomor kontak  yang mengaku sebagai admin Mess Jambi.

banner 400x130
contoh admin mess Jambi palsu

“Setelah kami check melalui akun-akun media sosial resmi yang selama ini kita gunakan untuk media promosi, ternyata tidak kita temukan komunikasi antara korban dengan pelaku, dan setelah kita teliti lagi bersama-sama, ternyata akun/website yang mengatasnamakan Mess Jambi itu palsu dan sekarang sudah tidak ada”, ujar Amrulsyah.

“Dari percakapan korban ini dengan pelaku, selanjutnya pelaku mengirimkan nomor WhatsApp mengatasnamakan Mess Jambi, padahal sampai dengan saat ini kita belum pernah membuat nomor WhatsApp atas nama Mess Jambi. Dari sini kemudian korban mentransfer uang sebesar 300 ribu rupiah, untuk biaya menginap selama 2 (dua) malam. Rekening penerima bukan atas nama Pemprov Jambi, tarif kamar yang dibayarpun tidak sesuai dengan tarif kamar kita, dan kwitansi yang digunakan bukan kwitansi kita dan tidak teregistrasi, nama admin juga bukan karyawan Mess Jambi”, lanjut Amrulsyah.

Dari peristiwa ini Amrulsyah merasa prihatin terhadap korban, dan juga prihatin dengan kejahatan dunia maya yang bisa terjadi terhadap siapa saja.

contoh kwitansi palsu

“Saya sudah minta jajaran saya, khususnya yang menangani media publikasi agar senantiasa memantau notifikasi maupun dinamika yang terjadi pada akun-akun Badan Penghubung, Mess Jambi dan Anjungan Jambi TMII untuk diperkuat pengamanannya, dan sedapat mungkin akun-akun anonim yang mungkin ada agar bisa terpantau dan diambil tindakan untuk pencegahan, dan secara berkala memantau juga kemungkinan muncul lagi akun-akun fake serupa. Kepada masyarakat yang ingin menginap di Mess Jambi – Cikini Jakarta, khususnya yang baru pertama akan menginap di Mess Jambi agar menghubungi nomor telpon resmi Badan Penghubung/Mess Jambi yakni 021–31935635 dan 021-31922405, dan yang paling penting dari semua ini agar masyarakat tidak melakukan transfer uang ke atas nama pribadi. Kuncinya disini, kalau ada permintaan transfer uang atas nama pribadi, segeralah sampaikan kepada kami, atau lapor ke pihak yang berwajib”, pungkas Amrulsyah.

Tim Peliput dan Penyusun Informasi Publikasi – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *