banner 728x250

Provinsi Jambi Gelar Parade Budaya di Bandara Internasional Soekarno Hatta

Arak-arakan penganten Jambi di bandara Soeta

SPM News Jakarta, 2 September 2022

Bertempat di Terminal 3 Bandara International Soekarno Hatta, Tim kesenian Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Jambi, menggelar kegiatan Parade Budaya  Jumat 2/9/2022 pukul 14.00 s/d selesai.

banner 400x130

Suasana di Terminal 3 yang sudah sangat semarak dengan atraksi seni budaya Jambi, semakin semarak dengan kehadiran Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H. Tak ayal, sosok Gubernur Jambi menjadi sasaran selfie baik dari audience yang hadir, maupun dari para crew yang terlibat dalam Gelar Parade Budaya Jambi.

Dalam acara tersebut, Gubernur Jambi sempat memberikan cindera mata kepada wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia melalui terminal 3 Bandara Soekarno, antara lain ke wisatawan asal Barcelona-Spanyol, Turky dan dari Arab Saudi.

Gubernur Jambi saat menyerahkan souvenir kepada Wisman Mancanegara

Saat diwawancara spmnews, Gubernur Jambi menyampaikan rasa bangganya dan berharap seni budaya Jambi bisa lebih dikenal masyarakat secara luas baik di tingkat nasional, dan juga internasional

“Ya, kita tentunya bangga karena saat ini Indonesia memegang Presidensi dari negara-negara G-20, bahwa semakin G.20 ini sukses, maka Indonesia sudah dianggap negara besar di dunia.”ujar Haris

“Tentu dengan sendirinya Jambi akan ikut dikenal oleh dunia luar. Dengan potensi Jambi dengan sumber daya alamnya, dengan budayanya, keanekaragaaman hasil pertaniannya, apalagi untuk produk pertanian unggulan, kayu manis, pinang, dan  kopi, Provinsi Jambi termasuk 3 besar  ekspor se Indonesia”, pungkas Al Haris.

Momen wawancara dengan Gubernur Jambi

Sementara itu dalam wawancara terpisah Wisman asal Barcelona Spanyol, bernama Alan yang sempat mendapatkan cindera mata dari Gubernur Jambi, menyampaikan rasa kagum akan keberagaman budaya Indonesia, dan berterimakasih karena mendapatkan Lacak (Penutup kepala pria masyarakat Jambi).

Senada dengan Alan, Ana gadis berkebangsaan Polandia, merasa sangat terhormat karena berkesempatan memakai Tekuluk Jambi.

Gubernur Jambi bersama Ana-Polandia yg kenakan Tekuluk Jambi

Dalam kesempatan ini, Badan Penghubung Provinsi Jambi menampilkan atraksi seni budaya antara lain kompangan/rebana solawatan, pagelaran Tari Sekapur Sirih, Tari Nyimas dan Tari Selaras Pinang Masak, serta pemberian souvenir kepada tamu /wisatawan, dan Joget bersama dalam irama Joget Batanghari

Joget bersama tim kesenian dan wisatawan Mancanegara

Gelar Parade Budaya Provinsi Jambi, melibatkan 80 orang personil terdiri dari unsur seniman pemusik dan penari Diklat Selaras Pinang Masak Anjungan Jambi TMII, Perwakilan Lembaga Adat melayu Jambi di Jakarta, Perwakilan Badan Musyawarah Keluarga Jambi di Jakarta, serta karyawan/ti dari unsur ASN Badan Penghubung Daerah Jambi di Jakarta.

Parade budaya di Bandara Soekarno-Hatta yang di gagas oleh Menteri BUMN Eric Tohir ini, merupakan salah satu upaya melestarikan budaya bangsa sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelayanan di Bandara. Sebagai  salah satu upaya mendukung tumbuhnya perekonomian dan pariwisata nasional.

Foto bareng para seniman dan turis mancanegara

Adapun sasaran pada gelaran kali ini, adalah menyapa penumpang pesawat yang tengah menunggu keberangkatan penerbangan di area boarding lounge, serta menyambut kedatangan penumpang pesawat termasuk wisman dan wisnus yang baru mendarat di hall kedatangan.

Tim Peliputan Informasi dan Publikasi –  Bapengdaprov Jambi

 

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *