banner 728x250

Al Haris; Geopark Kerinci harus jadi Geopark Nasional

SPM NEWS JAKARTA

Gubernur Jambi, Dr. AL Haris, S.Sos, MH , hadir pada acara Penandatanganan MOU, MOA, PKS, Antara Badan Geologi Kementerian ESDM dengan Universitas Jambi Kemedikbudristek dan Launching Geosite Kerinci menuju Geoharitage dan Geopark Nasional di Auditorium Geologi Kementerian ESDM (Bandung, Rabu 2 Februari 2022)

banner 400x130

Dari kegiatan tersebut Gubernur Jambi yang akrab disapa Al Haris menyampaikan bahwa Badan Geologi sudah mengusulkan destinasi wisata Kerinci menjadi Geoharitage dan Geopark nasional. Gubernur mengharapkan Dinas Pariwisata untuk menyiapkan langkah-langkah tepat dan menyiapkan dokumen yang tidak dapat ditolak untuk menjadi geopark nasional dan dunia.

“ Yang pertama Jambi memiliki potensi sumber daya alam geologi vulkanik yang menimbulkan geoheritage tadi tentu kita harus punya SDM Jambi yg mumpuni untuk itu kita mendukung kerjasama antara Badan Geologi dan Universitas Jambi sehingga tamatan Universitas Jambi memiliki keilmuan yang dapat mengembangkan alam Jambi untuk menjadi asset dunia”, ujar Al Haris

“Yang kedua, kami juga merespon bahwa Badan Geologi sudah melaunching kerinci, suatu awal yg baik karena kerinci merupakan branding Wisata Jambi yang memiliki wisata alam dan wisata sejarah untuk itu perlu kajian dari Badan Geologi untuk kita ajukan menjadi geopark nasional dan berikutnya melakukan tahapan-tahapan menjadi geopark dunia.”,lanjutnya

Selanjutnya Gubernur menaruh harapan yag besar kerjasama yang baik ini akan membuahkan hasil yang memuaskan untuk provinsi Jambi. dan Jambi butuh ini.

“Yang jelas Pemprov Jambi dan Pemda Kerinci akan menyusun program kerja dan anggarannya untuk Geosite Kerinci mencapai unesco dunia” pungkas Al Haris

Momen Gubernur Jambi menekan tombol sirine

Senada dengan Gubernur Jambi, Kepala Badan Geologi KESDM Dr.Eko Budi Lelono berharap pertemuan yang mengusung MOU,MOA,dan Penandatanganan Kerjasama (PKS) ini dapat berjalan mulus, sesuai dengan harapan bersama untuk mendukung pembangunan di daerah,.

“Semoga kerjasama Badan Geologi, Universitas Jambi dan Pemerintah Daerah Jambi dapat berjalan dengan lancar dan baik. Kita mendukung penuh pembangunan yang di daerah, agar potensi kegeologian yang ada di daerah dapat dimanfaatkan  dan dilestarikan dengan baik.” Ujarnya

Sementara itu Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D berharap kerjasama ini dapat menjadi roadmap penelitian bersama.

Penandatanganan kerjasama dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto,SE,MSi, Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D, Walikota Sungai Penuh, Bupati Tebo, Bupati Kerinci yang diwakili Asisten 2, Ketua DPRD Sungai Penuh, Ketua DPRD Kerinci dan Pj Sekda Kerinci, serta Dinas/Instansi terkait Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Acara yang yang penuh keakraban ini, ditandai dengan penandatanganan sejumlah dokumen kerjasama, bertukar cinderamata, dan ditutup dengan kunjungan ke Museum Geologi yang berada dalam kawasan yang sama.

Reportase Den – Diah – Asnawi – Raesa

banner 400x130

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *